Semakin tua usia kita, semakin besar resiko tulang keropos. Namun bukan itu saja, resiko gigi ompong juga ikut membesar. Bisakah kita mencegahnya dengan mencukupi kebutuhan kalsium tubuh?

Jika Anda memenuhi kebutuhan kalsium tubuh dengan tujuan agar tulang tetap kuat, maka kemungkinan besar gigi Anda pun juga ikut terjaga kekuatannya. Namun orang berusia tua tetap disarankan untuk menemui dokter gigi secara rutin, agar kesehatan gigi bisa dimonitor.

Konsumsilah makanan kaya kalsium untuk penuhi kebutuhan kalsium tubuh, dan lengkapi pula dengan asupan suplemen kalsium + Ester C seperti Biocalci. Untuk penuhi kebutuhan kalsium harian tubuh, konsumsilah Biocalci setiap hari. Sebab Biocalci merupakan suplemen kalsium organik + Ester C yang dilengkapi dengan Vitamin D3 untuk membantu penyerapan kalsium ke dalam tubuh.

Mencegah Gigi Ompong

Menurut Elizabeth Krall, MPH, PhD, peneliti dari Boston University Dental School dan Tufts University Nutrition Research Center, dulu hasil penelitian menunjukkan bahwa kalsium dan Vitamin D hanya bisa menurunkan resiko tulang keropos.

“Namun baru belakangan ini kita mengetahui bahwa suplementasi kalsium dan Vitamin D3 juga dapat meningkatkan kekuatan gigi. Hal tersebut dapat terjadi jika dibarengi dengan perawatan gigi rutin dan terjaganya kebersihan rongga mulut,” ujar Elizabeth.

Kenapa asupan kalsium dan Vitamin D3  rutin bisa menguatkan gigi? Menurut Elizabeth Krall dalam penelitiannya, ditemukan fakta bahwa konsumsi rutin kalsium selama dua tahun dapat menurunkan resiko gigi ompong sebanyak 40 persen.

Osteoporosis Dan Gigi

Kekurangan kalsium menyebabkan seseorang menderita osteoporosis, yang mempengaruhi kekuatan tulang rahang. Jika tulang rahang menjadi lemah dan rapuh, resiko gigi bergoyang serta terlepas menjadi lebih besar. Bahkan wanita yang menderita osteoporosis memiliki resiko gigi ompong tiga kali lebih besar daripada wanita sehat.

Kalsium ternyata berperan penting untuk menjaga kekuatan dan kesehatan tulang rahang, agar bisa membantu menahan gigi pada tempatnya. Bukan hanya gigi, gusi Anda pun akan mengambil manfaat dari asupan kalsium.

Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa resiko seseorang terkena penyakit gusi akan menurun jika ia mendapatkan asupan 800 miligram kalsium setiap harinya. Namun ketika hanya mendapatkan asupan kalsium sebanyak 500 miligram setiap hari, maka ia memiliki resiko terkena penyakit gusi sebesar 54 persen.

Fungsi Vitamin D3

Sebagai pasangan kalsium, suplementasi Vitamin D3 juga penting. Di dalam tubuh, Vitamin D3 akan meningkatkan penyerapan kalsium oleh tubuh, termasuk sel-sel tulang dan gigi. Kita juga akan dibantu oleh Vitamin D3 untuk mengatur keseimbangan kalsium di dalam tubuh.

Selain itu, Vitamin D3 juga dibutuhkan tubuh untuk membantu perkembangan sel-sel, mengurangi inflamasi (termasuk peradangan gusi). Vitamin ini juga mendukung fungsi neuromuskular, dan memperkuat daya tahan tubuh.