Menyambut lebaran Idul Fitri, orang-orang Muslim merayakannya dengan berbagai cara. Ada yang pulang kampung bertemu keluarga, ada pula yang merayakannya bersama teman-teman. Tetapi, bagaimana pun cara merayakannya, makanan tidak boleh lepas dari kegiatan Idul Fitri. 

Apakah Anda tahu bahwa mengonsumsi makanan lebaran di bawah ini ternyata punya dampak positif bagi kesehatan, terutama tulang. 

Meskipun menjadi perayaan tahunan, Anda tetap bisa merayakan Idul Fitri dengan cara yang sehat. Jangan sampai Anda kalap akan godaan makanan yang menggiurkan namun mengancam kesehatan Anda di jangka panjang. Berikut 5 makanan lebaran yang baik untuk kepadatan tulang. 

Artikel ini dipersembahkan oleh Biocalci, suplemen kalsium organik + Ester-C, dan dilengkapi dengan vitamin D3 untuk membantu menjaga kesehatan tulang. Selain itu, kalsium organik, Ester-C, dan vitamin D3, juga bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. 

1. Opor Ayam

Hidangan wajib Idul Fitri yang satu ini tidak hanya mengenyangkan namun juga membawa berbagai manfaat bagi kesehatan. Opor ayam merupakan makanan jenis kari yang terbuat dari bahan pokok ayam dan santan. Opor ayam dapat memperkuat struktur tulang karena kadar kalsium yang bersumber pada susu di dalamnya. 

Selain untuk kesehatan tulang, menurut Kementerian Kesehatan, opor ayam juga dapat meningkatkan fungsi otak, memperkuat daya tahan tubuh, dan mencegah anemia. 

2. Sop tulang

Idul Fitri rasanya kurang afdol tanpa sop tulang. Biasanya sop tulang disajikan dengan tulang sapi atau tulang ayam. Pada dasarnya Anda bisa memakai tulang hewan apapun karena tulang hewan mengandung berbagai nutrisi penting yang bermanfaat bagi tubuh. 

Tulang hewan mengandung magnesium, potasium, fosfor, dan mineral lainnya-mineral yang sama yang dibutuhkan oleh tubuh manusia-. Nutrisi diatas dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu kepadatan tulang. 

Tulang hewan juga mengandung jaringan ikat yang menghasilkan glukosamin dan kondroitin, senyawa alami yang ditemukan di tulang rawan untuk mendukung kesehatan sendi. Tidak berhenti di situ, tulang sumsum dalam sop tulang juga mengandung vitamin A, vitamin K2, mineral serta asam lemak yang dapat memperkuat kesehatan tulang. 

Selain bagus untuk tulang, sop tulang juga baik untuk sistem pencernaan, mengurangi inflamasi, memperbaiki kualitas tidur dan bermanfaat positif bagi perkembangan otak. 

3. Rendang

Makanan khas Sumatra Barat ini merupakan sumber protein yang baik untuk tulang. Rendang terbuat dari daging merah yang mengandung banyak protein mioglobin dan kaya akan zat besi. Kandungan ini akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Protein yang terdapat pada daging merah akan meningkatkan kepadatan dan  kekuatan tulang. 

Selain bermanfaat bagi tulang, rendang juga dapat menjaga sistem metabolisme. Namun Anda tetap perlu berhati-hati dalam mengonsumsi daging merah. Mengonsumsi daging merah secara berlebih dapat meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular, diabetes dan kanker. 

4. Lodeh

Jangan lupakan pentingnya sayuran dalam makanan Anda. Sebagai sayuran wajib saat Idul Fitri, lodeh ternyata punya manfaat bagi tulang. Lodeh terbuat dari nangka, labu, kacang panjang dan santan. Berikut ringkasan nutrisi setiap bahan tersebut. 

  1. nangka: vitamin C, potasium, magnesium
  2. labu: magnesium
  3. kacang panjang: vitamin K, kalsium, potasium
  4. santan: potasium dan protein

Nutrisi-nutrisi di atas dapat menjaga kesehatan tulang dengan memperkuat kepadatan tulang Anda. Sebaiknya konsumsi santan secukupnya karena jika berlebihan, bisa meningkatkan resiko kolesterol dan tekanan darah tinggi. 

5. Kurma

Tidak hanya rasanya yang enak, buah wajib saat lebaran yang satu ini juga ternyata bermanfaat bagi tulang. Kurma mengandung mineral, fosfor, kalsium dan magnesium. Nutrisi-nutrisi tersebut dapat mendukung kepadatan tulang (BMD) sehingga mencegah munculnya osteoporosis. 

Agar Idul Fitri maksimal dengan tulang kuat, bila perlu konsumsi Biocalci, suplementasi kalsium yang mengandung kalsium organik yang lebih mudah diserap, Ester-C (salah satu jenis vitamin C yang lebih tidak perih di lambung) dan vitamin D3. Biocalci dapat membantu menjaga kesehatan tulang Anda dan jaga daya tahan tubuh selama merayakan Idul Fitri. 

Ditinjau oleh: dr. Putri Wulandari

Leave a Reply

Your email address will not be published.