Pernahkah saat tidur atau berolahraga tiba-tiba kaki kram? Gangguan otot ini terjadi karena otot tiba-tiba berkontraksi tanpa disengaja sehingga menjadi tegang, keras dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Apa pemicunya dan bagaimana cara mencegahnya? Simak artikel ini.

Artikel ini dipersembahkan oleh Biocalci, yaitu suplemen kalsium organik + Ester C yang dilengkapi dengan Vitamin D3 untuk membantu menjaga kesehatan tulang.

Kram biasanya terjadi pada otot betis, kaki dan paha. Selain menimbulkan rasa sakit yang tiba-tiba, Anda mungkin juga akan merasakan atau melihat gumpalan jaringan otot yang keras di bawah kulit. Meskipun umumnya tidak berbahaya, gangguan otot ini dapat menyebabkan otot yang terkena tidak dapat digunakan untuk sementara waktu.

Penyebab Kram Otot

Beberapa hal yang umumnya dapat memicu atau meningkatkan risiko seseorang mengalami kram adalah:

  • Aktivitas fisik
  • Aktivitas fisik yang berlebih saat berolahraga di cuaca panas dapat menyebabkan dehidrasi. Kadar elektrolit dalam tubuh kemudian akan menurun dan dapat menyebabkan gangguan otot ini.

    • Faktor usia

    Seiring menua, orang akan kehilangan massa otot sehingga otot yang tersisa lebih mudah mengalami stres atau tegang. Sejak usia 40-an, jika tidak membiasakan diri aktif secara fisik maka otot akan mudah stres dan gangguan otot ini.

    • Hamil
      Rahim yang membesar dapat menimbulkan kram di perut bagian bawah atau punggung bawah.
    • Kondisi medis tertentu

    Kram otot dapat menimpa penderita diabetes dan penyakit liver. Diabetes menyebabkan kerusakan saraf di jari tangan dan kaki sehingga bisa mengalami kram. Ketika liver tidak berfungsi dengan baik kemampuannya menyaring racun dalam darah menurun. Racun kemudian menumpuk dan dapat menyebabkan kram atau kejang.

    • Konsumsi obat-obatan

    Pada sebagian orang, obat-obatan tertentu dapat memicu kram otot seperti diuretik dan penurun kolesterol.

    • Defisiensi mineral

    Kadar natrium, kalium, kalsium dan magnesium yang rendah dalam tubuh bisa menjadi penyebab kram. Mineral-mineral tersebut penting untuk fungsi otot dan saraf serta tekanan darah.

    Tips Cegah Kram Otot


    Untuk mencegah gangguan otot ini beberapa hal bisa dilakukan, antara lain: banyak minum air, cukupi kebutuhan mineral, regangkan otot sebelum dan sesudah olahraga serta sebelum tidur, hindari peningkatan latihan fisik secara ekstrim melainkan bertahap, mengkonsumsi suplemen mineral kalsium.

    Biocalci adalah suplemen kalsium organik + Ester C yang dilengkapi dengan Vitamin D3. Biocalci bermanfaat membantu memelihara kesehatan tulang dan tidak bersifat asam.

    • Kalsium: Selain untuk kesehatan tulang, mineral ini juga diperlukan untuk kesehatan otot.
    • Vitamin D: Vitamin ini diperlukan agar tubuh kita dapat menyerap kalsium secara lebih baik.
    • Ester C (Vitamin C): Selain berperan dalam pembentukan kolagen dan imun tubuh, vitamin C juga dapat membantu meredakan nyeri otot berkat kemampuannya sebagai antioksidan dalam memperbaiki jaringan.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.