Patah tulang bisa menimpa siapa saja. Kondisi ini akan sangat berdampak pada penderitanya karena mobilitasnya akan terbatasi selama masa pemulihan yang tidak sebentar. Bagaimana cara mempercepat penyembuhan patah tulang? Baca sampai tuntas artikel ini.

Artikel ini dipersembahkan oleh Biocalci, yaitu suplemen kalsium organik + Ester-C dan vitamin D untuk membantu memelihara kesehatan tulang. Biocalci dapat dikonsumsi untuk mendukung gaya hidup yang ingin tetap aktif dengan tulang yang sehat dan kuat. Produk ini juga bermanfaat untuk mereka yang memiliki kebutuhan tinggi akan kalsium seperti seperti wanita hamil, menyusui dan menopause.

Mengenal Patah Tulang

Patah tulang biasanya disebabkan oleh benturan yang keras misalnya saat berolahraga atau jatuh yang tidak disengaja. Namun selain itu, patah tulang juga bisa disebabkan oleh kondisi medis yang memperlemah tulang seperti osteoporosis dan kanker. Secara umum pemulihan patah tulang bisa memakan waktu 6 – 8 minggu tergantung pada beberapa faktor seperti jenis dan lokasi patah tulang, usia penderita, nutrisi, kondisi kesehatan secara umum, tingkat keparahan dan kebiasaan merokok.

Kejadian patah tulang bisa saja tidak disadari jika hanya patah kecil atau retak. Pada tingkat yang lebih parah, patah tulang dapat dikenali dari beberapa tanda-tanda atau gejala yang muncul atau dirasakan pada area yang cedera. Jika hal ini terjadi segera hubungi dokter untuk mendapatkan pertolongan yang tepat:

  • Terdengar bunyi patah saat kejadian
  • Terasa sakit saat disentuh atau sulit digerakkan
  • Tidak kuat menahan berat badan
  • Terasa panas, bengkak, memar dan kemerahan
  • Kelainan bentuk yang jelas (deformitas), jika patahnya parah, tulang dapat menyembul di kulit

Proses Penyembuhan Patah Tulang

Secara alami tubuh memiliki kemampuan untuk memperbaiki patah tulang secara mandiri. Agar proses penyembuhan berjalan dengan baik, yang penting tulang yang patah harus berada di posisi yang tepat. Penanganan oleh dokter sangat diperlukan agar tulang yang patah pulih dengan posisi dan anatomi yang normal serta terhindar dari komplikasi lainnya. Tahap pertama perbaikan fraktur tulang adalah fase inflamasi, yaitu celah di tulang akibat fraktur diisi sementara dengan protein hasil dari pendarahan pembuluh darah yang robek. Disusul dengan fase perbaikan, yaitu pembentukan tulang rawan dan jaringan di sekitar lokasi fraktur. Tahap terakhir adalah remodeling tulang yaitu kondisi sambungan tulang yang sudah mengeras. Meski sudah tersambung kadang permukaan luar tulang tetap sedikit bengkak selama beberapa waktu namun akan hilang dengan sendirinya.


Selain dengan beristirahat dan membatasi penggunaan anggota tubuh yang cedera, beberapa tips bisa dilakukan untuk mempercepat perbaikan fraktur tulang:

  • Konsumsi suplemen mineral kalsium, silicon, magnesium, fosfor, zinc, dan vitamin C, D, K.
  • Konsumsi suplemen protein untuk pembentukan kembali tulang patah.
  • Konsumsi suplemen antioksidan untuk melawan radikal bebas yang dihasilkan oleh kerusakan jaringan.
  • Latihan fisik di bawah pengawasan dokter untuk memperlancar aliran darah ke bagian yang cedera, membentuk otot dan mempercepat pemulihan fraktur.
  • Hindari merokok karena nikotin punya efek buruk pada tingkat kepadatan tulang (BMD – Bone Mineral Density), mengurangi penyerapan kalsium dan kadar vitamin D, serta memperlambat perbaikan fraktur tulang.

Biocalci adalah suplemen kalsium organik + Ester C yang dilengkapi dengan Vitamin D3 dan 72 mineral. Biocalci bantu pelihara kesehatan tulang dan tidak bersifat asam.

  • Kalsium: mineral ini diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang, sedangkan tubuh tidak dapat memproduksi kalsium sendiri.
  • Vitamin D: vitamin ini diperlukan agar tubuh kita dapat menyerap kalsium secara lebih baik.
  • Ester C (Vitamin C): vitamin ini penting untuk kesehatan tulang karena diperlukan untuk pembentukan kolagen yang sangat berkaitan dengan tulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.