Ketika seseorang terkena osteoporosis ia berpotensi mengalami depresi karena osteoporosis mempengaruhi kesehatan mental dan dapat menurunkan kualitas hidup, sehingga terdapat peningkatan kecemasan yang memicu depresi. Osteoporosis biasanya menyebabkan tulang belakang bungkuk, tidak bisa berdiri tegak, tinggi badan berkurang dan mobilitas fisik terbatasi sehingga timbul perasaan menjadi tua dan rapuh. Penderita akhirnya merasa malu dan enggan tampil di publik atau bergaul. Kesendirian dan kesepian ini dapat memicu depresi. Lalu bagaimana cara mencegah depresi itu terjadi? Simak artikel ini.

Artikel ini dipersembahkan oleh Biocalci dalam rangka menyambut Hari Osteoporosis Sedunia tanggal 20 Oktober. Biocalci merupakan suplemen kalsium organik + Ester C yang dilengkapi dengan Vitamin D3 untuk membantu menjaga kesehatan tulang. Selain itu, kalsium organik, Ester C, dan Vitamin D3, juga bermanfaat untuk membantu menjaga daya tahan tubuh.

Tips Hindari Depresi

Berikut tips yang bisa dilakukan untuk menghindari depresi ketika terkena osteoporosis:

  1. Beraktivitas fisik

Olahraga atau aktivitas fisik akan melatih tulang sehingga tumbuh dan kembali kuat. Jalan kaki adalah olahraga yang cocok untuk pasien osteoporosis dan dapat dilakukan dimana saja. Dengan melakukan olahraga akan meningkatkan hormon endorfin sehingga membantu mengusir depresi. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu sebelum memulai berolahraga.

  1. Gabung komunitas

Bergabung dengan komunitas osteoporosis akan membuat Anda tidak merasa sendiri. Di sana Anda akan mendapatkan pengetahuan atau tips-tips untuk masalah yang sering dihadapi pasien osteoporosis.

  1. Konsultasi dokter

Jika rasa sedih atau sendiri tidak kunjung hilang, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk minta bantuan. Obat dan psikoterapi akan diberikan untuk mengatasi gangguan yang sedang Anda alami.

Tips di atas sangat penting untuk dilakukan karena jika depresi tidak segera ditangani bisa makin memperburuk osteoporosis yang sedang diderita. Hal ini karena depresi atau kecemasan (anxiety) diketahui bisa berkontribusi mengurangi kepadatan tulang panggul dan memicu patah tulang.

Jaga Kesehatan Tulang

Selain dengan tips di atas, hal yang paling penting untuk dilakukan adalah memastikan kebutuhan kalsium tubuh terpenuhi dengan cara mengkonsumsi suplemen kalsium, seperti Biocalci.

Biocalci adalah suplemen kalsium organik + Ester C yang dilengkapi dengan Vitamin D3. Biocalci bantu pelihara kesehatan tulang dan tidak bersifat asam.

  • Kalsium: Mineral ini diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang, sedangkan tubuh tidak dapat memproduksi kalsium sendiri.
  • Vitamin D: Vitamin ini diperlukan agar tubuh kita dapat menyerap kalsium secara lebih baik.
  • Ester C (Vitamin C): Vitamin ini penting untuk kesehatan tulang karena diperlukan untuk pembentukan kolagen yang sangat berkaitan dengan tulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.