Osteoporosis merupakan penyakit tulang yang bisa diderita oleh siapa saja. Salah satu cara untuk mencegah munculnya osteoporosis adalah berolahraga, agar tubuh aktif. Namun adakah jenis olahraga pencegah osteoporosis yang bisa dilakukan di rumah di masa pandemi ini? Simak di artikel ini.

Artikel ini dipersembahkan oleh Biocalci, yang merupakan suplemen kalsium organik + Ester C dilengkapi dengan Vitamin D3 untuk membantu menjaga kesehatan tulang. Selain itu, kalsium organik, Ester C, dan Vitamin D3, juga bermanfaat untuk membantu menjaga daya tahan tubuh.

3 Jenis Olahraga Osteoporosis Di Rumah

Untuk menyambut Hari Olahraga Nasional pada 9 September, artikel ini akan membahas tentang 3 jenis olahraga indoor yang bisa membantu mencegah osteoporosis di masa pandemi ini.

1. Olahraga osteoporosis menahan beban

Penderita osteoporosis berisiko tinggi mengalami patah tulang belakang, tidak disarankan melakukan latihan berimpaksi tinggi seperti berlari, karena ini dapat meningkatkan kompresi pada tulang belakang.

Sebagai aturan umum, penderita osteoporosis juga perlu menghindari olahraga dengan gerakan memutar dan tersentak, seperti golf atau bowling. Latihan menahan beban berimpaksi rendah (low impact), yang disarankan untuk osteoporosis adalah yoga, pilates, dan berenang.

2. Latihan kekuatan

Latihan kekuatan melibatkan aktivitas mengangkat beban, dengan lengan atau kaki. Jenis latihan ini membantu meningkatkan kesehatan tulang, dengan memberi tekanan pada tulang yang dapat membantu membuatnya lebih kuat.

Melakukan latihan kekuatan 2-3 kali seminggu terbukti membantu menjaga, bahkan meningkatkan, kepadatan mineral tulang pada wanita yang telah melewati masa menopause. Latihan ketahanan juga membantu membangun dan mempertahankan massa otot, yang membantu mengurangi risiko jatuh.

3. Latihan keseimbangan

Latihan keseimbangan adalah bagian penting dalam merawat tulang Anda, karena dapat meningkatkan stabilitas tubuh yang sangat penting. Sebab jatuh dapat menyebabkan patah tulang.

Latihan keseimbangan dapat dilakukan dengan berdiri satu kaki, atau Tai Chi. Mulailah dengan latihan keseimbangan yang paling mudah, dan lanjutkan ke latihan yang lebih sulit.

Jaga Kesehatan Tulang

Selain dengan berolahraga, kita dapat mencegah osteoporosis dengan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Salah satunya adalah kebutuhan kalsium tubuh, yang jika diperlukan dapat dipenuhi dengan konsumsi suplemen kalsium organik, seperti Biocalci.

Bantu penuhi kebutuhan kalsium tubuh dengan mengkonsumsi suplemen kalsium organik + Ester C yang dilengkapi dengan Vitamin D3 seperti Biocalci. Kandungan vitamin dan mineral dalam Biocalci dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

  • Kalsium: Tubuh Anda juga membutuhkan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang, karena tubuh tidak dapat memproduksi kalsium sendiri. Tulang sendiri adalah tempat penyimpanan utama kalsium dalam tubuh
  • Vitamin D: Tanpa Vitamin ini, tubuh kita tidak dapat menyerap kalsium secara efektif
  • Ester C (Vitamin C): Vitamin ini penting untuk kesehatan tulang. Sebab vitamin C sangat penting untuk pembentukan kolagen, pondasi untuk mineralisasi tulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.