Tanpa sadar, masa pandemi ini dapat membuat kesehatan mental kita menurun. Apa saja efek dari menurunnya kesehatan mental kita? Adakah tips simpel untuk menjaganya? Simak di artikel ini.

Artikel ini dipersembahkan oleh Biocalci, yang merupakan suplemen kalsium organik + Ester C dilengkapi dengan Vitamin D3 untuk membantu menjaga kesehatan tulang. Selain itu, kalsium organik, Ester C, dan Vitamin D3, juga bermanfaat untuk membantu menjaga daya tahan tubuh.

Tips Menjaga Kesehatan Mental

Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung dari awal tahun 2020 dapat menimbulkan dampak negatif pada kesehatan mental kita. Banyak orang yang merasa stres, khawatir, takut, cemas akibat pandemi terus menerus setiap hari. Bahkan protokol kesehatan untuk menjaga jarak sosial bisa membuat kita merasa terisolasi, depresi, dan kesepian.

Menurut Steven Tovian, direktur kesehatan psikologi di Evanston Northwestern Healthcare,  stres akibat pandemi dapat langsung mempengaruhi sistem saraf yang mengontrol kelenjar, jantung, sistem pencernaan, sistem pernapasan, bahkan kulit.

Untuk bantu menjaga kondisi kesehatan mental, kita dapat melakukan beberapa tips simpel berikut ini:

1. Buatlah jadwal harian dan jadikan rutinitas

Untuk menjaga kesehatan mental, ada baiknya kita menjaga rutinitas kegiatan yang kita lakukan setiap hari. Sebab dengan melakukan rutinitas setiap hari, dapat membuat Anda merasa memegang kendali kehidupan Anda.

2. Berkomunikasi untuk jaga kesehatan mental

Lakukan panggilan telepon, video call, chatting, interaksi media sosial dengan keluarga dan sahabat. Menjaga komunikasi dengan orang yang Anda percaya, ternyata penting untuk kesehatan mental.

3. Lakukan aktivitas favorit

Usahakan untuk meluangkan waktu melakukan aktivitas favorit setiap hari seperti bermain bersama cucu, hewan peliharaan, berolahraga, membaca buku, atau berkebun. Menyibukkan diri dapat mengalihkan kita dari berbagai macam pikiran negatif yang memicu kecemasan dan depresi.

4. Jauhi hal-hal yang dapat membuat Anda stres

Termasuk batasi kontak dengan orang-orang yang membuat Anda stres.

5. Batasi pengaruh berita dari media

Pemberitaan terus menerus tentang pandemi Covid-19 justru dapat membuat kita bertambah khawatir dan cemas. Selain membatasi berita dari media, sebaiknya kita juga membatasi pengaruh media sosial yang dapat digunakan beberapa pihak untuk menyebarkan informasi yang salah tentang pandemi.

6. Kesehatan mental = kesehatan fisik

Kesehatan fisik juga punya pengaruh besar pada kesehatan mental kita. Di masa pandemi ini, tanpa sadar kita dapat menjalani gaya hidup yang kurang sehat. Ubah pola makan menjadi lebih sehat, cukupi kebutuhan cairan tubuh, berolahraga secara rutin, dan penuhi kebutuhan mineral dan vitamin tubuh setiap harinya.

Jaga Sistem Imun Kita

Memenuhi kebutuhan nutrisi merupakan salah satu cara untuk menjaga sistem imun kita. Beberapa nutrisi yang diperlukan tubuh untuk menjaga kerja sistem imun kita adalah kalsium, vitamin C (Ester C), dan vitamin D.

  • Kalsium: membantu menjaga keseimbangan dan mempercepat waktu respon sistem imun tubuh
  • Vitamin C (Ester C): mendukung daya tahan tubuh, sehingga tidak mudah jatuh sakit
  • Vitamin D: membantu kerja sistem imun dengan sifat anti inflamasi dan imunoregulasi

Hal ini sejalan dengan rekomendasi Kementerian Kesehatan RI untuk mengkonsumsi vitamin C dan vitamin D guna menjaga daya tahan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *