Banyak hal yang dapat memicu sakit punggung. Apalagi di masa-masa WFH dan pandemi ini sepertinya penderita sakit punggung semakin banyak. Salah satu penyebab sakit punggung adalah posisi duduk saat bekerja di rumah yang tidak sehat.

Namun hati-hati, sakit punggung juga bisa menjadi gejala terjadinya osteoporosis. Kenapa osteoporosis dapat menimbulkan gejala sakit punggung? Simak di artikel ini.

Artikel ini dipersembahkan oleh Biocalci, yang merupakan suplemen kalsium organik + Ester C dilengkapi dengan Vitamin D3 untuk membantu menjaga kesehatan tulang. Selain itu, kalsium organik, Ester C, dan Vitamin D3, juga bermanfaat untuk membantu menjaga daya tahan tubuh yang lebih tidak perih di Lambung.

Ini Penyebab Sakit Punggung

Sakit punggung merupakan salah satu alasan paling umum yang menyebabkan seseorang pergi ke dokter atau tidak bisa bekerja, dan juga penyebab utama kecacatan di seluruh dunia.

Ada berbagai macam gejala nyeri punggung yang umumnya dirasakan penderita. Mulai dari nyeri otot, hingga sensasi tertusuk, atau terbakar. Selain itu, rasa sakit dapat menyebar ke bawah kaki, dan dapat memburuk ketika melakukan gerakan membungkuk, memutar, mengangkat beban, berdiri, atau berjalan.

Sakit punggung sering berkembang tanpa penyebab yang jelas. Beberapa kondisi yang biasanya dapat memicu munculnya nyeri punggung adalah:

1. Otot atau ligamen menegang

Mengangkat beban berat berulang kali, posisi duduk yang salah, atau melakukan gerakan yang tiba-tiba, dapat membuat otot punggung dan ligamen tulang belakang menegang. Ketegangan konstan pada punggung dapat menyebabkan kejang otot yang terasa menyakitkan.

2. Rusaknya bantalan tulang belakang

Bantalan tulang belakang berfungsi sebagai penyambung antara tulang belakang. Bahan lunak di dalam bantalan dapat menonjol atau pecah, kemudian menekan saraf. 

3. Radang sendi picu sakit punggung

Osteoarthritis atau radang sendi dapat mempengaruhi punggung bagian bawah. Dalam beberapa kasus, radang sendi di tulang belakang dapat memicu penyempitan di sekitar sumsum tulang belakang, atau dikenal dengan sebutan stenosis tulang belakang.

Osteoporosis Bisa Picu Nyeri Punggung

Selain ketiga faktor diatas, ternyata osteoporosis juga bisa sebabkan sakit punggung. Tulang belakang dapat patah atau retak yang akan terasa sakit, jika kondisi tulang keropos dan rapuh.

Retaknya tulang belakang akibat osteoporosis dapat memicu sakit punggung tiba-tiba dan parah, yang akan memburuk saat berdiri atau berjalan. Penderita juga dapat mengalami kesulitan memutar atau menekuk tubuhnya, karena rasa sakit saat melakukannya.

Patah tulang akibat osteoporosis bahkan dapat dipicu dari gerakan sederhana, seperti mengangkat tas belanja, memutar badan untuk keluar dari mobil, atau tersandung.

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Tulang Kita

Untuk menjaga kesehatan tulang, jika diperlukan Anda dapat mengkonsumsi suplemen kalsium. Pilihlah suplemen kalsium organik + Ester C (vitamin C) dilengkapi Vitamin D3 namun tidak bersifat asam sehingga lebih tidak perih di Lambung seperti Biocalci.

Biocalci mengandung beberapa vitamin dan mineral yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

  • Kalsium: Tubuh Anda juga membutuhkan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang, karena tubuh tidak dapat memproduksi kalsium sendiri. Tulang sendiri adalah tempat penyimpanan utama kalsium dalam tubuh
  • Ester C (Vitamin C): Vitamin ini penting untuk kesehatan tulang. Sebab vitamin C sangat penting sebagai kofaktor untuk vitamin D akan menjadi kalsitriol yang bertujuan mengatur kalsium. Vitamin C juga bermanfaat dalam pembentukan kolagen, pondasi untuk mineralisasi tulang.
  • Vitamin D: Tanpa Vitamin ini, tubuh kita tidak dapat menyerap kalsium secara efektif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *