Kolesterol merupakan zat yang dibutuhkan tubuh kita untuk bekerja. Namun jika terlalu banyak, maka kolesterol akan menimbulkan masalah kesehatan. Salah satunya sakit kepala. Apakah tingginya kadar kolesterol dapat pula meningkatkan resiko osteoporosis? Simak di artikel ini.

Artikel ini dipersembahkan oleh Biocalci, yang merupakan suplemen kalsium organik + Ester C dilengkapi dengan Vitamin D3 untuk membantu menjaga kesehatan tulang. Selain itu, kalsium organik, Ester C, dan Vitamin D3, juga bermanfaat untuk membantu menjaga daya tahan tubuh.

Kolesterol Tinggi Bisa Sakit Kepala

Fungsi dari kolesterol sendiri adalah untuk pembentukan membran sel, kadar hormon, dan lainnya. Namun, jika kadar kolesterol kita terlalu tinggi, hal ini dapat menjadi faktor risiko utama serangan jantung, dan stroke.

Kadar kolesterol yang tinggi, dapat memicu terjadinya penumpukan kolesterol di dinding pembuluh darah. Penumpukan ini dapat mempersempit aliran darah melalui pembuluh darah, dan membuat pasokan darah dan oksigen dari ataupun menuju jantung berkurang. Kondisi ini, dapat juga menimbulkan penurunan pasokan darah di area otak, sehingga dapat menimbulkan gejala sakit kepala, migrain, ataupun pusing.

Penyumbatan pembuluh darah di daerah sekitar kepala yang menyebabkan munculnya sakit kepala. Selain itu, penyumbatan tersebut dapat menyebabkan tekanan dalam pembuluh darah menjadi tinggi.  Menurut situs resmi Medicover Hospital, jika dibiarkan kondisi ini dapat membuat pembuluh darah pecah dan menyebabkan stroke.

Resiko Osteoporosis Juga Bisa Meningkat

Jadi tingginya kadar kolesterol ternyata bisa memicu munculnya sakit kepala. Tapi ternyata jumlah kolesterol yang terlalu banyak juga bisa mempengaruhi kondisi kesehatan tulang.

Kolesterol jahat (LDL), jika kadarnya berlebihan, akan dibuang dalam darah dan menumpuk di dinding arteri/ pembuluh darah serta menimbulkan plak, peradangan, menjadi penyempitan pembuluh darah.

Partikel kolesterol LDL ini ternyata juga dapat memasuki tulang. Peningkatan kadar LDL pada tulang juga dapat memicu terbentuknya osteoklas melalui mediator peradangan, sel khusus yang berfungsi menyerap dan menghilangkan sel-sel tulang. Jika terlalu banyak, osteoklas dapat menggerogoti struktur tulang di sekitarnya secara berlebihan dan memicu terjadinya osteoporosis, terutama pada penyakit yang berhubungan dengan peradangan.

Mencegah Tingginya Kadar Kolesterol

Kondisi tingginya kadar kolesterol memang berbahaya, karena dapat menyebabkan munculnya beberapa gangguan kesehatan serius seperti penyakit pembuluh darah, serangan jantung, ataupun stroke.

Ada beberapa cara untuk mencegah kadar kolesterol terlalu banyak di dalam tubuh, yaitu:

  • Batasi jumlah karbohidrat sederhana (gula, makanan manis), batasi konsumsi lemak hewani (konsumsilah lemak yang sehat, seperti minyak zaitun, alpukat, dan lain-lain)
  • Batasi asupan garam
  • Pertahankan berat badan yang ideal
  • Perbanyak makan buah-buahan, sayuran, serat, dan biji-bijian, atau karbohidrat kompleks
  • Hentikan kebiasaan merokok
  • Rutin olahraga sesuai usia dan kemampuan tubuh (contoh: jalan santai, jogging, bersepeda), minimal 30 menit per hari, 5 kali per minggu
  • Hindari konsumsi minuman alkohol
  • Tidur yang cukup 7-9 jam sehari, dan hindari stres

Selain beberapa cara diatas, memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C juga dapat membantu menjaga kadar kolesterol tetap normal. Sebuah analisis terhadap 13 penelitian yang dipublikasikan tahun 1970-2007, menemukan fakta bahwa mengkonsumsi suplemen vitamin C dengan rutin secara signifikan dapat bantu mengurangi kolesterol LDL (jahat) dan trigliserida darah.

Suplemen Kalsium Organik Plus EsterC

Oleh karena itu untuk menjaga kesehatan tulang, jika diperlukan Anda dapat mengkonsumsi suplemen kalsium. Pilihlah suplemen kalsium organik + Ester C (vitamin C) dilengkapi Vitamin D3 seperti Biocalci.

Kandungan vitamin dan mineral dalam Biocalci dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

  • Kalsium: Tubuh Anda juga membutuhkan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang, karena tubuh tidak dapat memproduksi kalsium sendiri. Tulang sendiri adalah tempat penyimpanan utama kalsium dalam tubuh
  • Ester C (Vitamin C): Vitamin ini penting untuk kesehatan tulang. Sebab vitamin C sangat penting untuk pembentukan kolagen, pondasi untuk mineralisasi tulang.
  • Vitamin D: Tanpa Vitamin ini, tubuh kita tidak dapat menyerap kalsium secara efektif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *